Tertarik Investasi di Banten, Rano Diundang ke Australia

banner 160x600
banner 468x60

 

BBC, Serang – Gubernur Banten Rano Karno secara khusus diundang oleh para investor di Australia pada awal Mei 2016 mendatang. Undangan yang disampaikan kepada orang nomor satu di Banten tersebut untuk melakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) penanaman modal di Banten.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BKPMPPT)  Banten Babar Suharso Jumat (15/4) mengatakan, nilai investasi itu sekitar US 200 juta dimana investor dari Australia tersebut bersedia membangun pelabuhan kapal di Bojonegoro Kabupaten Serang dengan catatan mereka melakukan usaha penggemukan sapi di Banten. Penggemukan sapi ini nantinya lalu-lintasnya akan menggunakan jalur laut.

“Ini kesempatan emas bagi Banten, ada dua keuntungan setidaknya yang bisa diperoleh. Pertama pelabuhan Bojonegara akan menjadi pelabuhan internasional, yang kedua Banten nanti memiliki usaha penggemukan sapi,” jelasnya.

Dikatakan Babar, para investor yang siap menanamkan sahamnya di Banten dari Australia ada di tiga kota yakni

Melbourne, Brisbane dan Sydney. Para investor dari tiga kota di negara kanguru itu kepincut Banten setelah rombongan Gubernur Banten melakukan sosialisasi investasi enam bulan yang lalu.

“Kami juga memberikan kemudahan kepada mereka, terutama dalam hal pengurusan perizinan yang tidak terbelit-belit, karena kami saat ini sudah mengeluarkan kebijakan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP),”terangnya.

Babar menyampaikan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI untuk melakukan kajian sekaligus mengeluarkan izin Penanaman Modal Asing (PMA).

“Kita juga terus sosialisasi keluar, agar tidak hanya investor dari Australia saja yang mau ke Banten. Dan Banten saya kira tidak hanya Bojonegoro saja yang bisa dikembangkan melainkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan daerah-daerah yang lainnya,” tukasnya.

Rano Karno membenarkan dirinya akan terbang ke Australia pada awal Mei mendatang untuk mnandatangani MoU investasi. Ia juga akan mengajak beberapa Kepala SKPD terkait agar peluang investasi ini bisa dibijaki oleh berbagai pihak di Banten.

“Masyarakat Banten juga tentu harus mendukung dengan membuat daerah menjadi kondusif, karena daerah aman, investor akan nyaman,” jelasnya. (1-1)

 

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    No Response

    Comments are closed.