Sepanjang Bulan April 2018 Jajaran Kepolisian Polda Banten Menggagalkan Tiga Kali Percobaan Penyelundupan Benur Lobster

banner 160x600
banner 468x60
BBC, Cilegon – Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan Kota Cilegon, M Hanafi mengatakan, sepanjang bulan April 2018 petugas kepolisian wilayah Hukum Polda Banten yang dibantu oleh petugas kepolisian dari Mabespolri sudah menggagalkan sebanyak tiga tempat penyelundupan Benur Lobster di Banten.
Dari tiga tempat yang dijadikan untuk menyelundupkan benur Lobster tersebut yaitu, terdapat di Kecamatan Binuangeun, di Kecamatan Cinangka dan di Kabupaten Pandeglang.
“Dari tiga tempat yang digagalkan tersebut masing-masing jumblahnya yaitu, Petugas Kepolisian Polda Banten sebanyak 10.372 Benur Lobster, Bareskrim Polri dan Polres Cilegon sebanyak 75.250 Benur, sedangkan yang digagalkan oleh Polres Pandeglang sebanyak 3.347 Benur lobster,” kata M. Hanafi kepada wartawan saat ditemui dikantornya. Rabu, 17/4/2018
“Penggagalan penyelundundupan itu dilakukan berturut-turut, dari hari jum’at, hari Senin dan yang terahir pada hari selasa kemarin,” imbuhnya.
Menurutnya, Provinsi Banten adalah wilayah yang tergolong masih banyak tempat berkembang biaknya Lobster, maka dari itu Banten merupakan tempat yang paling di minati para pencari lobster.
“Selain Potensi lobster di Banten yang masih banyak, harga satu Lobster yang cukup mahal juga merupakan faktor sering terjadinya percobaan penyelundupan Lobster di Provinsi Banten,” ungkapnya
Adapun Benur Lobster yang sudah diamankan dari tiga tempat percobaan penyelundupan tersebut, sudah dilepas liarkan kembali ke alam bebas di pantai Carita kabupaten Serang yang disaksikan langsung oleh pihak kepolisian Polda Banten dan petugas Pengelolaan Sumber Daya Laut (PSDL) Provinsi Banten.
“Untuk pelepasan Benur Lobster itu, kenapa kita lakukan di Kabupaten Serang. Karena kondisi alam lautnya tidak jauh berbeda dengan kondisi laut dari Benur itu didapatkan,” jelas Hanafi
Akibat dari pencobaan penyelundupan Benur Lobster tersebut, Pemerintah Provinsi Banten mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.
“Kalo untuk harga Benur Lobster tersebut, Per ekornya Bisa mencapai Rp 100 – 200 ribu, maka pemerintah Banten mengalami kerugian hingga miliaran rupiah,” pungkasnya. (1-2)
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.