Seorang Warga Serahkan Delapan Ekor Landak Jawa Ke BKSDA Kelas 1 Serang

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Selama empat belas tahun di pelihara sebanyak delapan ekor landak jawa diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Hayati Kelas 1 Serang -Banten, Kamis, 16/8/2018.

Landak yang memiliki nama latin Hystrix Javanica Jawa tersebut tergolong besar yang memiliki berat mencapai 8 Kg. Maka dari itu pemilik menyerahkanya ke BKSDA dan Hayati Kelas 1 Serang untuk dilepas liarkan ke habitat asalnya.

Kepala BKSDA Kelas 1 Serang Andre Ginson menjelaskan bahwa, awalnya pemilik menmukan dua ekor Landak di Kebun Durian miliknya.

“14 tahun yang lalu, pemilik menemukan dua ekor Landak di Kebun durian miliknya, seiring berjalanya waktu Landak itu berkembang biak sampai berjumblah sepuluh Ekor,”kata Andre kepada Wartawan.

“Karena tau bahwa Landak tersebut termasuk hewan yang dilindungi maka pemilik ber inisiatif untuk menyerahkan ke pihak BKSDA,”imbuhnya.

Andre menuturkan bahwa, berdasarkan pengakuan dari pemilik. Beberapa bulan yang lalu hilang dua Ekor Landaknya Karena lupa menutup pintu kandangnya.

“Berdasarkan pengakuan dari pemilik sih, beberapa bulan yang lalu hilang dua Ekor Landak Peliharaanya karena lupa nutup pintu kandangnya,”ujar Andre.

Oleh karena itu, Andre menyampaikan bahwa hewan yang hidup di Hutan Tropis tersebut akan dilepas liarkan oleh BKSDA ke habitat asalnya setelah melewati proses penangkaran guna mengembalikan sifat Asli hewan tersebut.

“Jadi untuk dilepas liarkan ke habitat asalnya, harus melalui penangkaran terlebih dahulu guna mengembalikan sifat asli Landak tersebut,”pungkasnya. (1-2)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.