Laka Kerja Seorang Pekerja Tewas Tertimpa Eskapator

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon – Jatuh dari ketinggian sekitar 10 meter serta tertimpa Eskavator, Seorang pekerja pelabuhan meninggal dunia di Pelabuhan Peti Kemas Indah Kiat, Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, Selasa (27/11/2010).

Korban meninggal setelah terjatuh dari ketinggian sekitar 10 meter dan tertimpa eskavator tersebut, selanjutnya korban di bawa ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Darajat Prawira, Kota Serang, untuk dilakukan otopsi.

Berdasarkan informasi, korban meninggal dunia bernama Ahmad Sulaiman (45) merupakan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di PT. ABMA selaku perusahaan bongkar muat yang ditunjuk perusahaan kapal muatan MV. Green Wood berbendera panama (kapal bermuatan bahan baku kertas atau wood chip) yang di import dari negara Vietnam.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Banten, AKP Zamrul Aini membenarkan ada peristiwa laka kerja tersebut. “Hingga malam ini, unit Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Banten telah memanggil empat orang dari PT ABMA selaku perusahaan bongkar muat untuk dimintai keterangan sebagai saksi,” katanya

Untuk diketahui, sebekum laka kerja terjadi, loader (alat berat) rusak pada bagian Palka 1 kapal MV. GREEN WOOD. karena terjadi kerusakan rencananya yang bongkar barang curah wodchips dari kapal ke tongkang dan  akan diangkat untuk diperbaiki di bawah dermaga milik PBM PT. ABMA.

Namun naas, pada saat tali seling dikaitkan ke loader yg akan diangkat  oleh operator eskavator, korban yakni Sulaiman selaku Safety dan petugas tally saudara Endang (saksi) dengan mengaitkan tali seling belt ke loader  dan mengaitkan ke seling crane kapal.

Pada saat di angkat korban tanpa diketahui ikut di atas eskavator yang diangkat crane.  Setelah di beritahukan oleh Endang agar tidak diatas eskavator namun korban tidak mengindahkannya.

Hingga berita ini diturunkan, laka kerja yang mengakibatkan meninggalnya salah seorang pekerja pelabuhan, masih dalam penyelidikan  Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Banten. sementara di lokasi kejadian, polisi masih memasang garis polisi (1-2).

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.