Sambut Lebaran Tahun 2016, MMS Tingkatkan Layanan Jalan Tol Tangerang-Merak

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Banten : Menjelang Lebaran 1 Syawal 1437 H, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak menggelar sosialisasi program layanan lebaran dan keselamatan berlalu lintas. Sebagai bagian dari Grup Astra, MMS selalu mengupayakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan berlalulintas. Juga telah dilakukan sejumlah peningkatan fasilitas dan layanan tol yang diharapkan mampu memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan saat mudik dan balik serta berwisata. Kesiapsiagaan MMS ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Banten, Dinas Perhubungan Provinsi Banten dan PT ASDP Ferry (Persero) Cabang Merak. Diprediksiakan terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 5,5% dari tahun lalu, dengan puncak arus mudik di tahun ini pada H-5 s.d H-3 dan puncak arus balik H+1 s.d H+3 serta arus wisata H+2 s.d H+3.

Berbagai peningkatan layanan bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak telah dilakukan MMS baik dari segi layanan transaksi, lalu lintas, informasi dan perambuan serta jalan. Guna meningkatkan kelancaran saat melakukan transaksi tol, MMS melakukan penambahan 9 gardu transaksi yang terpasang di Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Timur, Cilegon Barat dan Merak sehingga total gardu di 9 Gerbang Tol ruas Tangerang-Merak menjadi 88 dan 10 diantaranya merupakan Gardu Transaksi Otomatis (GTO). Masing-masing terpasang  di  Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Timur, Balaraja Barat, Serang Timur, Cilegon Timur dan Cilegon Barat. “Dengan penambahan jumlah GTO ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jalan tol saat bertransaksi terutama pengguna e-toll carddan tentunya akan memperlancar arus lalu lintas yang semakin padat”, kata Direktur Teknik dan Operasi MMS Sunarto Sastrowiyoto. “Selain itu agar kelancaran lalu lintas tol lebih terjamin, kami juga menambah jumlah petugas gerbang tol sehingga total menjadi 377 orang”, tambahnya.

Melengkapi layanan lalu lintas, MMS menambah jumlah armada kendaraan Derek yang semula 10 unit sekarang menjadi 14 unit. Tak hanya itu, penambahan 3 unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) menjadi 6 unit termasuk penambahan 15 orang petugas PJR, total menjadi 37 orang. Bagi pengguna jalan tol yang memerlukan informasi dan bantuan atau mengalami hambatan di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak, dapat menghubungi call center MMS di (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79.

Peningkatan layanan informasi dan perambuan diharapkan dapat membantu pengguna jalan, MMS  menyediakan 10 unit Variable Message Sign (VMS) atau papan display elektronik yang berisi himbauan keselamatan dan informasi terkini lalu lintas Tol Tangerang-Merak. Jumlah VMS ini sudah termasuk  2 unit tambahan yang terpasang di KM 47 dan Akses Serang Timur. Terdapat pula 2 unit VMS Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak pada di KM 38 dan KM 66 arah Merak yang memberikan informasi langsung terkait kondisi terkini Pelabuhan Merak. Pengguna jalan juga dapat mengakses informasi Tol Tangerang-Merak melalui websitewww.margamandala.co.id dan akun media sosialTwitter @tol_mms.

Melengkapi perjalanan mudik, Twitter MMS juga bisa diakses melalui aplikasi Anavigo yang merupakan aplikasi navigasi perjalanan terbaru yang dikembangkan oleh AstraWorld untuk memberi kemudahan bagi pengguna ketika melakukan perjalanan. Salah satu fitur unggulannya adalah Traffic Report, fitur ini akan memberikan informasi lalu lintas terkini di sepanjang rute perjalanan yang telah dipilih. Informasi lalu lintas yang diberikan di Anavigo dikutip dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya dan Marga Mandalasakti (MMS). Dalam fitur ini, pengguna juga dapat saling berbagi informasi lalu lintas.

Penambahan 20 unit warning light sehingga total menjadi 65 unit dan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di 50 titik antara KM 35+500 s.d KM 36+500 sehingga menjadi 1.666 unit. Kamera pantau atau CCTV juga ditambahkan 12 unit, total menjadi  37 unit CCTV yang selalustand-by selama 24 jam untuk memonitor kondisi lalu lintas di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak. Tentunya diharapkan dapat menambah rasa aman bagi pengguna jalan.

Layanan jalan selalu menjadi prioritas bagi MMS. Secara kualitas kondisi jalan tol Tangerang-Merak  arah Jakarta dan arah Merak sudah baik dan memenuhi Standar Pelayanan Minimal yang dipersyaratkan Pemerintah. Sebagai kesiapan MMS menghadapi lalu lintas lebaran, pada H-10 s.d H+10 jalan tol Tangerang-Merak dipastikan terbebas dari perawatan jalan. “Sebagai upaya kami untuk memastikan kondisi jalan selalu dalam kondisi baik, selama Lebaran piket pemeliharaan jalan yang terdiri dari 2 timpatching  yang siaga 24 jam, 2 tim survey jalan yang beroperasi setiap hari dan tim khusus yang siap on call bertugas monitor kondisi jalan tol Tangerang-Merak”, ujar Sunarto.

Pengguna jalan tol pun dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak, baik di KM 43 dan KM 68 arah Merak dan KM 45 dan KM 68 arah Jakarta.Sejak H-3 s.d H+2 tersedia Bengkel Siaga AstraWorld dan Honda di TIP KM 68 arah Jakarta serta Bengkel Siaga Nissan di TIP KM 43 arah Merak. Sejak H-7 s.d H+7 tersedia PosKesehatan di TIP KM 68 arah Jakarta dan arah Merak. Selain itu tersedia penjualan tiket ASDP Merak di TIP KM 43 dan KM 68 arah Merak.

Sebagai antisipasi peningkatan volume lalu lintas, MMS pun sudah siap dengan skema pengaturan lalu lintas, antara lain:

·         Antrian Merak: penumpukankendaraan di jalan Cikuasa, himbauan bagi pengguna jalan untuk beristirahat diTIP KM 43 dan KM 68 arah Merak, ataupengalihan kendaraan ke Gerbang Tol Cilegon Barat.

·         Antrian Serang Timur : pengalihan kendaraan ke GerbangTol Serang Barat.

·         Antrian Cilegon Timur : pengalihan kendaraan ke Gerbang Tol Cilegon Barat.

Diharapkan dengan rangkaian program keselamatan berlalu lintas dan layanan Lebaran 1437 H di Jalan Tol Tangerang-Merak ini, arus lalu lintas di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak lancar, aman dan nyaman sehingga para pemudik dapat menikmati moment hari raya dan libur bersama keluarga tercinta dan kembali ke rumah dengan selamat serta hati bahagia. Dengan memeriksa secara teliti kondisi kendaraan, menjaga kondisi fisik pengemudi dan mematuhi tata tertib berlalu lintas berarti ikut menjaga keselamatan diri sendiri juga keselamatan pengguna jalan lainnya. (1-1)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.