Rombongan Kirab Satu Negeri Zona Sabang Tiba di Banten

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon – Rombongan Kirab Satu Negeri (KSN) dari Zona Sabang yang dikomandoi oleh Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Lampung tiba di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat, 12/10/2018.

Rombongan yang membawa 17 bendera pataka tersebut, tiba di pelabuhan Merak sekitar pukul 14.00 WIB dan langsung disambut oleh Ketua PW GP Ansor Provinsi Banten, Ahmad Nuri.

“Bendera pataka di Provinsi Lampung sudah 10 hari dan Alhamdulillah jam 2 siang ini sampai di Banten, selanjutnya saya serahkan bendera pataka ini, dari PW GP Ansor Lampung ke PW GP Ansor Banten untuk dikibarkan ke seluruh daerah di Banten, mudah-mudahan niat baik kita, kirab satu negeri mendapat barokah dari Allah SWT,” kata Ketua PW Ansor Provinsi Lampung, Tatang Sumantri dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua PW Ansor Provinsi Banten, Ahmad Nuri mengatakan, Kirab Satu Negeri merupakan komitmen GP Ansor dalam merajut kebersamaan di tengah-tengah Indonesia yang lahir dari keberagaman.

“Ini adalah sebuah anugerah terindah, karena Banten telah siap memeriahkan KSN dalam rangka mengintegrasikan kebersamaan masyarakat bahwa kita ini sama, kita adalah satu, satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa Indonesia,” kata Nuri.

Ia menjelaskan, setibanya di Banten, 17 bendera pataka tersebut rencananya akan dikibarkan di seluruh daerah di Banten, mulai dari Kota dan Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Tangerang Raya.

“Di Banten akan berlangsung dari tanggal 12 sampai 17 Oktober 2018, besok tanggal 13 Oktober di Kota Serang dengan kegiatan sholawat on the road, kirab 1.001 bendera dan diintegrasikan dengan pelantikan PW NU Banten,” jelasnya.

Selanjutnya, lanjut Nuri, pada tanggal 14 Oktober 2018, rombongan KSN akan road show ke Kabupaten Pandeglang untuk bertemu dan silaturahim dengan Kiai besar Banten, yakni Kiai Abuya Muhtadi dan ziarah ke makam Abuya Dimyati.

“Setelah itu kita ke Kabupaten Lebak, di sana akan ada parade budaya dan menyapa masyarakat Baduy,” terangnya.

Ia menuturkan, setelah dari Kabupaten Lebak, rombongan KSN akan berangkat ke Kabupaten Tangerang pada tanggal 15 Oktober 2018 dengan rangakaian acara pertemuan antara ulama, Umara dan jawara serta pagelaran budaya Tangerang yang dipusatkan di Citra Raya.

“Tanggal 16 Oktober ke Kota Tangerang, kita akan mengadakan diskusi dan doa lintas agama di Pemkot Tangerang, sorenya di Tangerang Selatan, pawai lintas komunitas dan silaturahim dengan Wali Kota Tangsel, dan terakhir tanggal 17 Oktober, rombongan KSN akan dikirim ke Jawa Barat,” tuturnya.

Ia menerangkan, ada tiga tujuan utama dalam kegiatan KSN tersebut, yaitu mempersatukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, memperkokoh ukhuwah islamiah dan komitmen kebangsaan.

“Pertama, mengibarkan bendera merah-putih dari lima titik se-Indonesia, mulai dari Sabang, Nunukan, Miangas, Rote dan Merauke dengan tujuan akhir di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, kita memang beragam tapi kita disatukan oleh merah putih, Pancasila dan NKRI,” terangnya.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya KSN tersebut, komitmen kebangsaan dan komitmen bela agama, bangsa dan negeri seluruh masyarakat Indonesia semakin kuat.

“Harapannya semakin kokoh, semakin kuat terhadap komitmen kebangsaan, komitmen bela agama, bela bangsa dan bela negeri dengan menempatkan sebagai kader Ansor yang bermanfaat bagi orang lain dan berguna bagi bangsa dan tanah air,” pungkasnya. (1-2)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.