Potensi Usahawan Muda Banten Masih Terganjal Modal

175 views
banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Potesi pengusaha muda asal Banten cukup banyak dan bisa berkembang lebih baik kedepan. Akan tetapi saaat ini keberadaan mereka belum didukung penuh oleh pemerintah dalam mengembangkan usahanya, teruma akses permodalan.

“Cukup banyak potensinya ya, karena hari ini saja ada 200 pengusaha muda yang hadir dari 8 Dispora kabupaten/ kota di Banten, untuk mendapatkan pelatihan managegemen kewirausahaan,” ungkap Kepala dinas pemuda dan olahraga Provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan didampingi Sekdispora Ai Dewi Suzana, dalam acara system manajemen informasi kewirausahaan kegiatan pelatihan keterampilan bagi pemuda tahun 2017 di Serang, Rabu, 15/3/2017.

Menurutnya, pelatihan ini sengaja digelar untuk meningkatkan kapastitas para pengusaha muda asal Banten ini agar bisa mengembangkan usahanya ditingkat yang lebih luas lagi. Karena program ini sejalan dengan amanat perda kepemudaaan yang ada di Banten.

“Tindaklanjut dari kegiatan ini paling tidak para usahwan muda ini bisa memanfaatkan teknlogi dalam mengembangkan usahanya. Karena era sekarang ini sudah masuk pada era globalisasi. Paling tidak harapanya mereka bisa lebih dikenal. Tapi diakui permodalan itu masih menjadi keluhan mereka. Makanya peerintah hadir untuk memberikan pemahaman dan fasilitasi,” katanya.

Deden menyebutkan, ratusan usahawan muda ini memiliki latar belakang dari jenis usaha dan hasil produksi yang berbeda-beda.

“Kebanyakan dari mereka merupakan pengusaha muda yang mengembangkan produksi kerajinan tangan seperti Boneka dari Labuan Pandeglang tadi,” ujar Deden

Sementara itu salah satu pengusaha muda yang juga pemilik home industri Rin Pin Pin, Andya Rini mengaku banyak informasi yang didapat dari mengikuti pelatihan kewirausahaan seperti saat ini. Meski diakui ini bukan kegiatan yang pertama kali diikuti yang dilaksanakan oleh Dispora Banten.

“Syukur bisa ikut berpartisipasi dalam keegiatan pelatihan ini. Karena ini juga menjadi refrensi dalam mengembangkan usaha yang saat ini saya rintis,” kata Rini.

Sementara untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengenalkan produk yang dijual, Rini mengatakan, dirinya terus mengikuti seminar kewirausahaan dan pelatihan-pelatihan wirausaha yang digelar oleh dinas di kabupaten/ kota dan provinsi serta pihak kementrian.

“Ya Alahamdulillah selain bisa usaha, juga melalui kegatan ini bisa banyak ketemuan banyak orang dan bisa mengembangkan hobi saya juga,” tukasnya. (1-1)

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    No Response

    Comments are closed.