Polantas Polda Banten Akan Berlakukan Rekayasa Lalulintas Apabila Terjadi Penumpukan Kendaran di Pelabuhan Merak Banten

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon –¬†Antisipasi terjadinya penumpukan Kendaran di pelabuhan Merak Banten, jajaran Kepolisian Lalulintas (Polantas) Polda Banten akan memberlakukan sistem Rekayasa lalulintas, dengan cara melakukan penyekatan kendaraan dibeberapa titik disekitar jalan menuju pelabuhan merak Banten.

Ditemui usai meninjau kesiapan arus mudik tahun 2018 di Terminal Terpadu Merak (TTM) Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo mengatakan bahwa penyekatan tersebut akan dilakukan apabila penumpukan kendaran menuju Pelabuhan merak Banten terjadi.

“Terkait rekayasa lalulintas yang akan dilakukan di jalur mudik menuju pelabuhan merak, selain akan melakukan penyekatan kendaraan kita adakan Pospam mulai dari Gerem bawah, Pospam di Gerem atas sampai dengan ke Pelabuhan Merak untuk mengatur arus lalulintas pada saat Puncak arus mudik,”kata Julianto kepada Bukabantennews.com Jum’at, 8/6/2018.

“Selain mengadakan beberapa Pospam di jalur mudik di pelabuhan Merak Banten, kita juga akan lakukan penyekatan kendaran apabila terjadi penumpukan kendaraan, di jalur menuju pelabuhan Merak,”imbuhnya.

Adapun beberapa titik penyekatan kendaran tersebut, akan dilakukan diantaranya di Ply Over, di Tol Gate Merak dan Cilegon barat yang natinya juga akan dilakukan sistem dua satu, apabila penumpukan kendaraan mencapai Km 92 dan 93.

“Kalo antrian kendaraanya sudah melewati di Km 92 dan 93 maka akan kita alihkan ke arus Cilegon Barat,”ujar Dirlantas.

“Kusus buat kendaraan speda motor, kita akan arahkan langsung melalui jalur Cikuasa bawah dan nantinya akan dikanalisasi di dermaga 6 sedangkan untuk kendaraan roda 4 dan lebih akan kita arahkan ke cikuasa atas yang akan langsung ke kantong parkir yang ada di cikuasa atas,”ungkapnya.

Juliantao menambahkan bahwa, puncak arus mudik tahun 2018 ini di predikisi lonjakan arus mudik akan terjadi pada H-4 dan H-3.

“karena tahun lalu terjadi pada H-3 yang mana sekali masuk jumbla motor yang masuk ke kapal, dalam satu malam mencapai 21 ribu. Karena tahun ini libur panjang maka dipredikisi puncak arus mudik terjadi pada H-4 sebelum lebaran.

Oleh sebab itu jajaran Polantas Polda Banten akan menerjunkan kurang lebih sekitar 500 personil yang akan disebar di beberapa titik di sekitar Pelabuhan Merak Banten.

“Di pelabuhan Merak, Kurang lebih sekitar 500 personil petugas Lalulintas Polda Banten akan diterjunkan untuk mengatur dan pengamanan arus mudik tahun ini,”ucapnya.

“Maka dari itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan kegiatan arus mudik, agar dapat tetap menjaga keselamatan dalam berkendara, dan juga patuh terhadap aturan lalulintas serta tidak memuat penumpang melebihi dari kapasitas kendaaraanya. Hal itu dilakukan pemudik tetap selamat sampai tujuan,”pungkasnya. (1-2)

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    No Response

    Comments are closed.