Pj Sekda Minta Potensi Zakat Lebih Ditingkatkan

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ino S Rawita menghadiri Rapat Kerja Deaerah (Rakerda) ke XV Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Banten Tahun 2018, bertempat di Hotel Wisata Kota Serang, Kamis (20/09/2018). Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pengumpulan Zakat dalam upaya mensejahterakan umat.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Provinsi Banten Ino S Rawita meminta Baznas Provinsi Banten dapat lebih mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, sehingga Banten benar-benar menjadi daerah maju, mandiri dan sejahtera dari manfaat penerimaan serta pengumpulan zakat yang terkelola dengan baik. Oleh karena itu, lanjut Pj Sekda, atas nama Pemprov ia mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BAZNAS Provinsi Banten yang begitu gigih dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga Gubernur Banten dapat meraih penghargaan  award dari BAZNAS nasional.

“Ini merupakan potensi dan prestasi yang harus dipertahankan dan dikembangkan,”tegas Pj Sekda

Pj Sekda mengungkapkan, rakerda ini juga dilakukan dalam rangka mengomunikasikan pengumpulan zakat, infak dan shadaqah yang ada di Provinsi Banten dari mulai masyarakat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga diharapkan potensi yang terkumpul lebih optimal kedepannya.

Pj Sekda juga menyampaikan pesan Gubernur Banten bahwa BAZNAS harus  mampu membangun kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa zakat bukan sekedar kewajiban untuk berzakat, tapi sudah menjadi keharusan sebagai kebutuhan manusia dengan khaliknya. Untuk itu, lanjut Pj Sekda, rakerda ini harus menghasilkan serta merumuskan tata kerja yang berkaitan dengan tata kelola keuangan, administrasi dan input datanya. Sehingga, progres data-data penerima dan iuran zakat terkoreksi serta terupdate.

“Masing-masing dari pengumpul zakat mampu memaksimalkan fungsinya dalam pengambilan zakat,”tutur Pj Sekda.

Sekretaris Daerah berkesempatan menyerahkan Penghargaan Penerima BAZNAS Award 2018. Kategori  Pengumpulan Zakat Terbaik; 1.UPZ Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Banten, 2. UPZ Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten. 3.Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten. Kategori Pendistribusian ; 1. UPZ Sekretariat DPRD Provinsi Banten 2. UPZ Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral 3. UPZ RSUD Provinsi Banten. Kategori Pendayagunaan; 1. UPZ Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Banten 2. UPZ Sekretariat DPRD Provinsi Bnaten 3. UPZ RSUD Banten. Sedangkan Kategori Media Pendukung Kebangkitan Zakat jatuh kepada Media Kabar Banten.

Ketua Panitia Rakerda Baznas Provinsi Banten Syibli Syarjaya menjelaskan, kegiatan ini dilandasi oleh Undang-undang Nomor 23 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Zakat, serta merupakan amanat dari rakerda sebelumnya tahun 2017. Rakerda kali ini diikuti Sebanyak 106 orang UPZ (Unit Pelaksana Zakat) di lingkungan Pemerintah Banten, Perguruan tinggi, SMA/SMK se-Provinsi Banten.  Tugas rakerda adalah mengevaluasi kinerja dan kegiatan setahun yang lalu dalam rangka pengumpulan dan pengelolaan zakat.

“Kedepannya BAZNAS untuk bisa mengoptimalkan potensi perolehan hasil pengumpulan zakat yang saat hanya berkisar 50 Milyar,”paparnya (1-1)

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.