Penjual Miras Tanpa Izin Masih Banyak Ditemui di Kota Cilegon

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon – Kota Cilegon sebagai Kota Industri dan termasuk Kota besar, masih banyak ditemui pelanggaran terhadap penjualan Minuman Keras (Miras) oleh sebab itu satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol PP) Kota Cilegon melalui Pegawai Penyidik Negri Sipil (PPNS) melakukan kegiatan pembinaan dan penguatan terhadap petugas PPNS yang berada di pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pembekalan dan penguatan untuk petugas PPNS dalam melaksanakan tugasnya.

“Maraknya pelanggaran itu disebabkan oleh kurang tegasnya petugas PPNS dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas Penyidik,” kata Kepala Bagian (Kabag) Penegakan Hukum dan Perundang- undangan Pemkot Cilegon Agung Budi Prasetio kepada wartawan, saat ditemui usai memberikan materi dalam kegiatan tersebut. Rabu, 11/4/2018
Menurutnya, pihaknya sudah menyampaikan peraturan dan perundang undangan sesuai dengan regulasi yang ada, agar kewenangan yang ada pada PPNS dapat dilakukan sesuai dengan aturan dan undang undang yang ada.
“Dalam perda No 13 tahun 2002 itu sudah jelas untuk penegakanya harus seperti apa. Maka melalui kegiatan ini saya sampaikan kepada petugas PPNS agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” jelasnya
Meski diakuinya, kaitan dengan petugas PPNS sudah melakukan sesuai dengan tugasnya aataubelum, hal itu ada pada petugas badan pengawasan kode etik. Dan harus melalui kajian kajian yang lebih mendalam lagi.
“Kalo dalam perda itu, bukan persoalan mandul atau tidak mandul, tetapi perugas itu sendiri sudah melakukan tugasnya dengan maksimal atau belum, yah kalo belum mkasimal otomatis hasilnya pun tidak sesuai dengan diharapkan,” ungkapnya
Sementara itu, ditemui ditempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Penegakan dan Perundang-undangan Satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol PP) Kota Cilegon, Sofan Maksudi mengatakan bahwa dilakukanya kegiatan PPNS tersebeut bertujuan untuk membekali dan memperkuat petugas PPNS dalam menegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cilegon.
Menurutnya tujuanya untuk lebih bisa memahami dalam hal bidang tersebut, serta dapat membangkitkan kembali semangat kerja para penyidik dalam menjalankan tugas dan fungsinya agar sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakanya tersebut.
“Diharapkan dengan dilakukan pembinaan dan peningkatan perugas PPNS itu, penyidik akan lebih dapat meningkatkan profesionalisme dalam melakukan tigasnya sebagai Penyidik. Dan juga diharpakan petugas PPNS dapat mencari dan memproses sebuah perkara dan mampu memposisikan dan menempatkan diri seadil-adilnya, supaya dapat diketahui sumber perkara,” jelas Sofan
“Petugas PPNS bukanlah seorang yang ditunjuk dan punya kewenangan untuk mencari kesalahan seseorang, akan tetapi bagaimana sebuah perkara yang ditengarai jika ada indikasi pidananya itu dapat dikuatkan dengan bukti-bukti baik secara materil maupun formil untuk kemudian dapat di proses pada tahapan selanjutnya,” tukasnya. (1-2)

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    No Response

    Comments are closed.