Pendidikan dan Keterampilan Penyumbang Kebahagiaan di Banten

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Pendidikan dan keterampilan punyumbang tertinggi Indeks kebahagian di Banten. Karena berdasarkan data indeks kebahagiaan di Provinsi Banten pada tahun 2017 merupakan indeks Komposit yang disusun oleh tiga dimensi, sepèrti dimensi kepuasan hidup (Life Satisfaction), dimensi perasaan (Affect), dan dimensi makna hidup (Eudaimonia).

“Berdasarkan nilai masing-masing dimensi indeks kebahagiaan yang ada di Provinsi Banten adalah sebagai berikut, Indeks kepuasan hidup sebesar 70,37% Indeks dimensi perasaan sebesar 67,80% Indeks dimensi makna hidup sebesar 71,13%. Seluruh indeks diukur pada sekala 0-100,” ungkap Kepala bidang Badan Pusat Statistik (BPS) Mahmud Muhanif di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) KP3B Curug Kota Serang, Selasa,15/8/2017.

Menurutnya, indeks kebahagiaan tahun ini disurvey berdasarkan random yang diterapkan dalam 109 Blok disejumlah Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Banten. Selain tingkat pendidikan dan keterampilan sejumlah indikator kurangnya angka kebahagiaan di Provinsi Banten yakni pendapatan rumah tangga,

“Berdasarkan Klasifikasi Wilayah Indeks kebahagiaan penduduk yang tinggal di perkotaan cenderung lebih tinggi di bandingkan penduduk yang bertempat tinggal di pedesaan, karena nilai indeks kebahagiaan di perkotaan sebesar 70,36%. Sedangkan nilai indeks di pedesaan sebesar 68,50% itu berdasarkan hasil survey dari bulan Maret sampai bulan Juni 2017 yang dilakukan oleh BPS,” papar Muhanif.

Muhanif juga menambahkan bahwa, kebahagiaan antar Provinsi bervariasi dengan rentang antar 67,52% sampai dengan 75,68% dengan nilai indeks tertinggi yang didapatkan oleh provinsi Maluku Utara, Maluku dan Sulawesi Utara sedangkan Provinsi Papua, Sumatra Utara, dan Nusa Tenggara Timur memiliki indeks kebahagiaan terendah,” pungkas Muhanif. (1-2)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.