Pemprov Banten Intensifkan Pajak Kendaraan

215 views
banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Pemerintah Provinsi Banten terus melakukan intensifikasi pajak kendaraan yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor untuk memacu realisasi pendapatan pajak daerah tahun ini.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten Nandy Mulya mengatakan pihaknya telah merumuskan sejumlah rencana aksi antara lain penagihan pajak kendaraan secara aktif dan optimilisasi peran perbankan dalam sistem pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP), pajak kendaraan bermotor (PKB), dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

“Ada lagi, kami sudah mengadakan pemberian pelayanan penghapusan sanksi administrasi PKB dan BBKNB yang dimulai pada 7 Juni-2 Juli 2016. Kebijakan ini diberlakukan agar pembayaran PKB dan BBKNB berjalan lebih intensif sekaligus mendorong wajib pajak untuk melunasi utangnya,”ujar Nandy, Jumat, 17/6/2016.

Penghapusan sanksi tersebut telah diatur dalam Pergub Banten Nomor 40 tahun 2016 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Atas Keterlambatan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang berlaku di 11 Kantor Bersama Samsat, 32 Gerai Samsat, dan 11 Samsat Keliling di seluruh Banten.

Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang di dalamnya terdapat komponen pajak daerah, merupakan indikator tingkat kemandirian daerah. Rendahnya alokasi anggaran pada tahun ini disebabkan daya serap rendah terhadap bantuan keuangan di kabupaten/kota.

Menurutnya, koordinasi antara pemprov dengan pembak atau pemkot sangat dibutuhkan karena dana bagi hasil untuk pajak kendaraan sebesar 70% untuk provinsi dan sisanya akan masuk dalam pendapatan kabupaten/kota di Banten. Sebagaimana diketahui, 70% pangsa pasar pajak daerah Banten berasal dari PKB dan BBNKB

Adapun, rincian pajak daerah Banten per kuartal I/2016 yakni PKB Rp276,89 miliar, BBNKB Rp304,43 miliar, pajak air permukaan Rp4,65 miliar, pajak bahan bakar kendaraan bermotor Rp133,86 miliar, dan pajak rokok Rp80,57 miliar. (adv)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.