Kapolda Banten, Tinjau Kesiapan Arus Balik di Pelabuhan Merak Banten

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon – Peningkatan arus balik tahun 2018 di pelabuhan Merak Banten akan terjadi malam ini sampai dengan besok pagi Rabu, 20 juni 2018, Demikian diungkapkan Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat meninjau secara langsung kesiapan arus balik di Pelabuhan Merak Banten.

Ditemui disela-sela kegiatan peninjauanya tersebut. Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa, arus balik dari pulau Sumatra menuju pulau Jawa yang melalui pelabuhan Bakahaueni ke Pelabuhan Merak Banten sampai hari ini Selasa, 19 Juni 2018 sudah mencapai 30 %.

“Berdasarkan data yang ada dipelabuhan Merak Banten, Penumpang yang sudah melakukan arus balik dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa sudah mencapai 30 Persen,”kata Kapolda Kepada Wartawan Selasa, 19/6/2018.

Menurutnya, peningkatan arus balik tersebut akan terjadi malam ini Selasa, 19 Juni sampai dengan besok pagi Rabu, 20 Juni 2018. Hal tersebut terjadi mengingat libur lebaran tahun 2018 akan segera berahir.

“Karena besok pada hari rabu merupakan hari terahir libur lebaran bagi para Pegawai Negri Sipil (PNS) maka malam ini akan terjadi peningkatan arus balik dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa yang melalui Pelabuhan Merak Banten,”ungkap Kapolda.

Ia juga menjelaskan bahwa, sejak H+1 sampai dengan H+3 hari ini, volume kendaraan belum ada peningkatan penumpang yang berarti di Pelabuhan Merak Banten Karena Pelabuhan Merak Banten merupakan tempat penerimaan penumpang dari Pelabuhan Bakahueni Lampung.

“Kalo di Pelabuhan Merak ini kan hanya menerima penumpang arus Balik saja, yang dari Pelabuhan Bakahueni Lampung ke pelabuhan Merak Banten, maka tidak akan terjadi penumpukan kendaraan ataupun penumpukan penumpang, apa lagi begitu penumpang turun dari kapal akan langsung diarahkan masuk ke Gerbang Tol merak dan di arahkan ke jalan-jalan Alteri,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa. Angka Kecelakaan pada arus Mudik tahun 2018 di Wilayah Hukum Polda Banten mengalami penurunan hingga mencapai 30 %.

“Kalo untuk angka kecelakaan sendiri di Wilayah Hukum Polda Banten, mengalami penurunan sampai dengan angka sekitar 30 %, penurunan angka kecelakaan tersebut terjadi didukung oleh Insfratuktur jalan yang baik, petugas yang selalu siap siaga, dan juga karakter pengendara yang sebagian besar sudah dapat mentaati peraturan lalulintas, atau sudah tertib dalam berlalulintas,”pungkasnya. (1-2)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.