Ibu Negara akan Kunjungi Desa Kohod Pekan Depan

354 views
banner 160x600
banner 468x60


BBC, Tangerang
– Ibu Negara Iriana Joko Widodo dipastikan akan mengunjungi Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Selasa (02/08/2017). Kepastian ini didapat setelah Ketua Umum Organisasi Aksi Sildaritas Era (Oase) Kabinet Kerja Erni Guntarto Kumolo mengunjungi Kampung tersebut, Jum’at 28/7/2017.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina mengatakan, kunjungan Iriana Jokowi ini untuk meresmikan sekaligus memastikan bahwa program kampung sejahtera yang dicanangkan OASE berjalan dengan baik. “Tadi ibu Erni Tjahyo Kumolo memantau persiapannya langsung ke Desa Kohod bersama Ketua PKK Provinsi Banten Niniek Wahidin Halim. Insyaallah Ibu negara akan berkunjung,” kata Nina.

Menurut Nina, Iriana Jokowi akan berkunjung pada hari Rabu 2 Agusutus 2017 mendatang bersama para istri-istri menteri kabinet kerja Jokowi. “Desa Kohod selama setahun ini menjadi perhatian Oase Cinta beserta Pemprov Banten dan Kabupaten Tangerang. Beberapa masalah yang perlu dibenahi mulai dari infrastruktur, kesehatan, pengelolaan sanitasi dan partisipasi warga terhadap desa tertinggal ini sudah dilakukan sejak tahun 2016,” katanya.

Menurutnya, Desa Kohod dipilih oleh Oase sebagai kampung sejahtera. Pertimbangannya, karena meskipun sangat dekat dengan Ibu Kota Jakarta, kondisinya memprihatinkan dengan terdapat 90-an rumah kumuh, infrastruktur jalan desa yang buruk, persoalan sanitasi dan lahan pertanian yang tidak digarap. “Setelah dilakukan pembinaan, sekarang desa ini menjadi model kemandirian di tingkat desa. Dulu terbelakang, sekarang warganya sedikit-sedikit sadar akan kesehatan dan kesejahteraanya,” ucap Nina.

Nina berharap, dengan sering dilakukkanya peninjauan seperti ini, target “Kampung Sejahtera” bisa segera dirasakan warga Desa Kohod mengingat proses pembenahan desa yang terpantau pemerintah pusat. “Pemprov juga ikut terlibat dalam program ini, baik OPD maupun PKK. Ibu Gubernur selaku ketua tim penggerak PKK selalu terjun mengecek program ini. Kami juga melakukan pembinaan termasuk memberikan bantuan dana melalui Pemkab Tangerang, bantuan makanan tambahan bagi anak-anak dan bibit tanaman. Nanti kita juga akan berikan bantuan kepada lansia dan posyandu setempat. Kita jug apunya program P2WKS yang setiap tahun dilaksanakan baik di tingkat kota maupun provinsi,” sebutnya.

Erni Guntarto Kumolo mengatakan, program pembinaan kampung sejahtera ini dilaksanakan selama lima tahun dan saat ini baru dua tahun tetapi perubahanya sudah begitu bagus. “Memang kita tidak bisa merubah seketika, tetapi perilaku masyarakat hidup bersih, sehat dan memiliki usaha itu harus menjadi kebiasaan, untuk itu diperlukan sosialisasi terus menerus,” ujarnya.

Menurutnya, banyak bantuan maupun program yang digulirkan baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, ditambah bantuan yang diberikan perusahaan-perusahaan dengan dana CSR.

Dirinya mengharapkan kepada masyarakat serta kader-kader PKK yang ada di Desa Kohod ini yang telah dibina jangan sampai selesai begitu saja, tetapi harus terus menerus sampai mereka berdaya dan sejahtera dengan karyanya sendiri. (HMS/ 1-1)

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    No Response

    Comments are closed.