Hadiri HUT BPN, Gubernur Bacakan Sambutan Menteri

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (BPN), Gubernur Banten Wahidin Halim pagi tadi hadir sebagai Pembina upacara yang bertempat di Kantor BPN Wilayah Banten, KP3B, Senin 24/9/2018.

Pada kesempatan tersebut, Guberur membacakan sambutan menteri Agraria dan Tata Ruang/ BPN, Sofyan A. Djalil. Dalam sambutannya dikatakan, dalam upaya meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN sudah meluncurkan sistem informasi geografis tata ruang (GISTARU) yang memungkinkan setiap orang mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional maupun daerah.

“Dengan terbukanya akses terhadap dokumen rencana tata ruang, diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkat dan selanjutnya masyarakat berperan aktif dalam proses penyusunan tata ruang dan pengawasan implementasinya,” ungkap Gubernur mnyampaikan pesan Menteri.

Gubernur melanjutkan, Berkenaan dengan legalisasi aset melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang jumlah bidang tanah seluruh Indonesia sekitar 126 juta bidang tanah, diharapkan ditahun 2025 seluruh bidang tanah telah terdaftar.

“Untuk melaksanakan percepatan pendaftaran PTSL tersebut diperlukan optimalisasi penggunaan teknologi terkini, sejalan dengan modernisasi pelayanan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN,” tambahnya.

Berkenaan dengan permasalahan dan sengketa pertahanan dihadapi, pesan menteri, perlu penanganan dan penyelesaian secara komprehensif, karena banyak kasus sengketa maupun perkara pertanahan sudah banyak yang berlarut – larut dan menyita waktu.

“Harapannya, tentu dengan terdaftarnya seluruh bidang tanah melalui PTSL dapat mencegah terjadinya sengketa di kemudian hari,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Menteri juga menyampaikan terimakasihnya kepada Gubernur dan Bupati/ Walikota di seluruh Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Kementerian ATR/ BPN dalam mensukseskan program – program strategis. (artp/1-1)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.