DPRD Kota Serang Sepakat Usul Konvensasi Pemilik Lahan LP2B

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Pemerintah Kota Serang dan DPRD Kota Serang saat ini tengah membahas rancangan peraturan daerah, terkit Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan LP2B. Uapaya ini ditempuh guna mencegah alih fungsi dan mempertahankan lahan pertanian pangan di Kota Serang.

“LP2B  ini diterapkan  di Kota Serang khusunya di Kecamatan Kasemen dan Kecamatan  Walantaka yang memang lumbung pangan padi Kota Serang,” kata Ketua Pansus Raperda RTRW satu zonasi dengan Raperda LP2B, Muhamad Rus’an kepada Bukabantennews.com, Rabu 28/11/2018.

Menurutnya, meski sudah dikuatkan melalui Surat Keputusan Wali Kota Serang, namun Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kota Serang rawan beralih fungsi.

“Untuk itu Dinas Pertanian Kota Serang mengusulkan adanya konvensasi terhadap pemilik lahan yang terkena LP2B. Konvensasi diberikan agar pemilik lahan yang terkena LP2B tidak menjual lahan mereka,” terangnya.

Sedangkan terkait usulan konvensasi terhadap pemilik lahan LP2B, kata Rus’an pihaknya bersepakat dengan usuluan tersebut. Sepanjang ada regulasi aturan tidak menyalahi usulan konvensasi bagi pemilik lahan LP2B tidak masalah, karena bagaimanapun lahan pertanian harus dipertahankan.

“Usulan konvensasi itu belum dimasukan dalam pembahasan Raperda, namun DPRD Kota Serang  menudukung. Konvensasi diberikan dengan mempertimbangkan karakter luas dan titik lokasi lahan, dan usulan itu akan dibahas pada Pansus nanti,” tegasnya. (1-3)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.