Dindik Cilegon Tahun Depan Ajukan Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Sekolah Ramah Anak

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon – Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kota Cilegon Muhtar Gojali, tahun depan akan ajukan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cilegon untuk mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah ramah anak, hal itu disampaikan muhtar menyusul adanya penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia terhadap Sekolah SMPIT Raudatul Jannah Kota Cilegon beberapa hari yang lalu.

Ditemui ditempatnya, Muhtar mengaku sudah membicarakan hal tersebut bersama beberapa pihak terkait yang ada di Dinas Pendidikan Kota Cilegon agar segera dapat dipenuhi beberapa kriteria yang diminta oleh pihak Kementrian.

“Saya sudah berbicara kepada beberapa pihak terkait yang ada di Dinas Pendidikan, agar dapat segera mempersiapkan apa yang di minta oleh pihak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,”kata Muhtar.

Menurutnya, proses untuk mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah ramah anak  tidak mudah dilakukan. Karena harus melalui beberapa tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

“Tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan itu, karena banyak tahapan dan kriteria yang dipenuhi,”ujarnya.

Adapun Kriteria yang diminta oleh pihak kementrian diantaranya, seperti cara proses pembelajaran yang dilakukan oleh pihak sekolah, dan kriteria tenaga pengajar, serta lingkungan sekolah yang harus memadai atau mendukung kegiatan belajar disekolah tersebut.

Muhtar mengungkapkan bahwa, penghargaan tersebut akan terus berkelanjutan diberikan mengingat penghargaanya bukan hanya penghargaan Sekolah ramah anak saja, namun kedepan akan diadakan juga penghargaan yang lainya. Seperti penghargaan Puskesmas ramah anak, Masjid ramah anak, dan yang lain-lain, maka pihaknya berharap kedepan semua Sekolah di Cilegon akan menjadi Sekolah ramah anak.

“Penghargaanya, bukan hanya penghargaan Sekolah ramah anak saja, namun kedepan akan ada penghargaan yang lain seperti Puskesmam ramah anak, Masjid ramah anak, dan penghargaan yang lainya,”jelas Muhtar.

Terkait soal Sekolah Suasta yang mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah ramah anak tersebut, Muhtar menyampaikan bahwa hal itu berdasarkan pengajuan dari masing-masing Sekolah, dan juga didukung dengan tenaga pengajar dan lingkungan sekolah yang sesuai dengan Kriteria yang diminta oleh pihak Kementrian.

“Kalo soal yang menerima penghargaan adalah sekolah suasta, Karena Raudatul Jannah sudah memenuhi Kriteria dan sudah di ajukan dari jauh jauh hari. Kalo kami hanya mendukung saja,”ucapnya.

Meski demikian, Muhtar mengungkapkan bahwa sekolah yang masuk Kriteria sebagai Sekolah ramah anak bukan hanya Sekolah Raudatul Jannah saja. Namun beberapa Sekolah di Cilegon sudah memenuhi Kriteria sebagai Sekolah ramah anak. Seperti sekolah SMP satu dan SMP dua Kota Cilegon.

“Yah mungkin untuk tahun ini, sekolah suasta yang menerima penghargaan. Tahun depan insya allah semua sekolah di Cilegon dapat penghargaan sekolah ramah anak itu,”pungkasnya. (1-2)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.