Dibuka Ketua Umum, PKK Kecamatan Jombang Minta PKK Lebih Aktif

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Cilegon – Ibu Pelaksanatugas Walikota Cilegon, Lili Muflihah Ariadi membuka secara langsung lomba hari kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke-46 tingkat Kecamatan Jombang, yang dilaksanakan di kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon,  Rabu 31/1/2018.

Ditemui usai kegiatan pembukaan lomba tersebut, Camat Jombang, Agus Ariyadi mengatakan apabila Kelompok Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang berada di Kecamatan maupun di Kelurahan a aktif maka itu sebagai bentuk keharmonisan yang terjadi di lingkungan Kelurahan maupun dilingkungan Kecamatan.

Menurutnya, Semua OPD itu sebenarnya masuk dalam pembinaan PKK, maka pejabat apa saja kalau mengkesampingkan PKK maka managemennya perlu di pertanyakan, karena PKK itu dalam pemerintahan semua unsur masuk.

“Kalau di Kelurahaan atau di Kecamatan kelompok PKKnya tidak aktif maka managemennya perlu di pertanyakan,” kata Agus dalam sambutanya.

Agus juga menyampaikan, PKK itu adalah salah satu sebagai tolak ukur bagi Kelurahan apakah berjalan harmonis, apakah Kelurahan itu berjalan dengan sesuai tupoksinya atau tidak.

“Karena PKK ini meliputi seluruh aspek, seperti insfratuktur, pembangunan, pengajian, kepemudaan, tataboga jadi hampir semuanya masuk dalam organisasi PKK,” ujarnya.

“Maka dilakukanya perlombaan seperti ini, merupakan sebagai tolak ukur, agar masyarakat semuanya bisa melihat dan menilai dengan dilakukanya kompetisi seperti ini, dan masyarakat akan lebih semangat lagi dalam membenahi apa saja yang masih berkurang apa saja yang akan menonjol,”  jelasnya.

Bahkan dirinya mengaku setiap Kelurahan pasti memiliki potensi yang berbeda beda. Apakah dari aspek kebersihan yang menonjol apa dalam aspek kreatifitasnya.

“Masing- masing pasti memiliki potensi yang berbeda, baik dari sisi kebersihan, kesehatan atau kreatifitasnya,” ucap Agus

Sementara itu ditemui saat meninjau salah satu contoh Rumah Sehat, Ketua PKK Kecamatan Jombang Ratu Rahmawati mengatakan, sangat bersyukur pembukaan perlombaanya dapat dibuka langsung oleh Ibu PLT Walikota Cilegon. Semoga ini dapat dijadikan sebagai motifasi buat ibu-ibu PKK yang berada di Kecamatan Jombang.

“Sebenarnya lomba seperti ini dilakukan setiap tahun, dan Alhamdulillah tahun ini pembukaanya dapat dilakukan langsung oleh Ibu Plt. Walikota Cilegon ibu Lili,” kata Ratu.

“Diharapkan dilakukanya lomba ini, dapat memotifasi para Ibu-ibu PKK di Kecamatan Jombang,” ucapnya

Dalam kesempatan tersebut, Ratu menyampaikan bahwa, selain untuk memotifasi dilakukanya perlombaan itu untuk membenahi administrasi di seluruh Kelurahan yang berada di Kecamatan Jombang

“Kalau ga dibikin lomba, namanya ibu – ibu kan biasanya bisa pakum. maka diharpakan dengan lomba ini dapat diperbaiki dan ditingkatkan,” terangnya.

Lebih dari itu dirinya mengaku sangat kesulitan saat akan melakukan penilaian terhadap peserta perlombaan tersebut.

“Saya juga merasa kesulitan ketika diminta untuk memilih, karena harus memilih yang baik dari yang terbaik, tetapi yang kalah itu bukan berarti tidak baik,” tandasnya.

Sedangkan terkait kriteria rumah sehat,  Ratu menjelaskan rumah sehat itu tidak harus luas yang terpenting kondisi rumahnya bersih dan memiliki halaman yang dipenuhi tanaman.

“Ga harus luas, yang penting bersih dan memiliki halaman rumah yang ditanami tumbuhan yang segar,” jelasnya.

Karenanya Ratu juga berharap, dikakukanya perlombaan tersebut dapat meningkatkan semua anggota PKK dari semua aspek dalam pemerintahan.

“Saya berharap, dengan dilakukanya perlombaan ini dapat meningkatkan semua sisi dari aspek pemerintahan. Seperti sisi sekertariat dan kegiatan, kalau dari kelurahanya baik maka di tingkat kecamatanya juga akan baik. Maka dengan begitu dapat mengharumkan nama baik Kota Cilegon,” pungkasnya. (1-2)

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    No Response

    Comments are closed.