Di HUT Ke-492 Tahun, Pemkab Serang Mengaku Akan Fokus Dalam Meningkatakan IPM

banner 160x600
banner 468x60

BBC, Serang – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serang ke – 492, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengaku akan lebih fokus lagi dalam meningkatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Seperti

Indeks kumulatif mulai dari segi pembangunan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan daya beli masyarakat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat paripurna HUT Kabupaten Serang ke 492 di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Senin, 8/10/2018.

Menurut Tatu, terutama Soal pendidikan, pihaknya akan menargetkan bahwa, di Kabupaten Serang pada akhir tahun 2021 tidak akan ada lagi banyak ditemui Sekolah-sekolah yang rusak.

“Kita akan upayakan, setiap tahunya, sebanyak 252 ruang kelas dapat diperbaiki dengan anggaran yang ada sebanyak Rp. 26,56 Miliar,”kata Tatu kepada Wartawan.

Tatu menyampaikan bahwa, dalam meningkatkan dunia pendidikan di Kabupaten Serang, yang terbaru saat ini yang telah dilakukan oleh Pemkab Serang adalah beasiswa pendidikan vokasi di Kampus Untirta untuk 25 mahasiswa dan di Kampus Universitas Indonesia (UI) untuk 7 mahasiswa.

“Untuk memperkuat pendidikan gratis lainnya yaitu, beasiswa guru pendidikan anak usia dini (PAUD) total Rp1,62 miliar, insentif guru PAUD Rp5,04 miliar, serta fasilitasi pendidikan kesetaraan dan keaksaraan mulai dari Paket A hingga Paket C hingga mencapai sebesar Rp. 33 miliar lebih,” ungkap Tatu.

Adapun soal infrastruktur, Ia mengatakan bahwa, pembangunan jalan dengan kondisi beton sepanjang 253,89 km pada tahun 2017 dan menargetkan 349,62 km pada tahun 2018 agar mencapai 58,16%.

“Pada tahun ini penanganan betonisasi jalan kabupaten sepanjang 95,73 km dan penanganan jalan desa sebepanjang 36,326 km,”ucapnya.

Selain itu, lanjut Tatu pihaknya juga telah mengusulkan Progam pemberdayaan PMKS dan program rumah tidak layak huni (RTLH). Sebagai upaya    mengurangi angka kemiskinan  di Kabupaten Serang.

“Pada tahun 2018, RTLH yang dibangun bisa mencapai 1.500 rumah. Antara lain, 180 rumah menggunakan dana dari APBN, 350 rumah dari APBD Provinsi Banten, 800 rumah dari APBD Kabupaten Serang, dan 100 rumah dari dana Baznas. Belum dari CSR perusahaan yang saat ini sedang kita usahakan agar turut membantu Pemkab Serang,”terangnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih oleh Pemkab Serang dalam tata pemerintah dan tata kelola keuangan.

“Ketika Pemkab Serang memiliki kesulitan mendapat bantuan dari pusat. Maka, Pemprov bisa turut membantu komunikasi dengan pemerintah pusat,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa, saat ini pemprov banten telah berkomitmen dalam mendukung program prioritas pada tahun 2018. “Program prioritas Pemkab Serang sudah sangat bagus tinggal kita dukung secara bersama agar berjalan sesuai rencana,”tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, beberapa tokoh Provinsi Banten dan seluruh camat yang ada di Pemerintahan Kabupaten Serang. (1-2)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.