Bappeda Matangkan Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau Kecil

banner 160x600
banner 468x60

 

BBC, Serang – Badan perencanaan daerah bersama pihak terkait terus mematangkan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Banten. Paasalnya Provinsi Banten termasuk yang memiliki pesisir pantai sepanjang 11.134,22 km persegi, dengan puluhan pulau yang terbentang di periairan laut Banten. Kepala bapeda Banten Hudaya Ltuconsina kepada bukabantennews.com, Kamis, 16/6/2016.

Hudaya mengungkapkan, masukan dari berbagai pihak tentan rencana pembentukan peraturan daerah tentang zonasi pesisir dan pulau-pulau kecil dipandang. Alasannya untuk dijadikan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan kegiatan kelautan dan perikanan berbasis ekonomi maritim yang efektif dan efisien. Dengan demikian, pemerataan pembangunan demi mebgurangi kesenjangan pembangunan wilayah dan sarana prasarana bisa tercipta.

“Sedangkan dalam pembahasan kali ini tidak memasukan agenda reklamasi tujuh pulau seluas 9 ribu hektar di wilayah Kabupaten Tangerang tidak masuk. Karena untuk saat ini sudah ada keputusan dari pemerintah pusat terkait dengan reklamasi pulau di Teluk Jakarta dan Wilayah Mauk Tangerang.

Meski begitu Hudaya menjelaskan, pemprov Banten mempertanyakan akses infrastruktur pembangunan reklamasi pantai 9 ribu di Kabupaten Tangerang, yang sudah mengeluarkan izin pembangunan Jalan Tol Balaraja-Mauk. Padahal sesuai dengan aturan SK Penetapan Lokasi jalan tol harus dikeluarkan dari pemprov Banten.

“Oleh karea itu hudaya menambahakan, pembahasan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil di Provinsi Banten tetap dilanjutkan, dengan harapan pada tahun 2017 Raperda tersebut dapat diparipurnakan dan disetujui oleh DPRD,”katanya. (1-1)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.